Advertisements

10 Pinjaman Online Resmi Terdaftar dan Diawasi OJK

Pinjaman Online Resmi Terdaftar OJK
Advertisements

Platform pinjaman online adalah solusi mudah untuk mendapatkan pinjaman dengan cepat dan efisien. Namun, tidak semua aplikasi pinjaman online aman. Agar tidak terjebak dengan bunga yang menyesakkan dan teror debt collector, sebaiknya gunakan aplikasi dengan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Sebagai referensi, berikut 10 daftar pinjaman online resmi yang tercatat dan dipantau OJK.

10+ Daftar Resmi Pinjaman Online Oleh OJK

1. Kredit Pintar

Salah satu platform pinjaman “tertua” di negara kita, Kredit Pintar menawarkan pinjaman mulai dari Rp 600.000 hingga Rp 20.000.000 dengan jangka waktu pinjaman hingga 12 bulan. Syarat untuk mengajukan pinjaman di platform ini adalah Anda harus berusia di atas 21 tahun dan memiliki KTP. Untuk melunasi pinjaman di Kredit Pintar, Anda memiliki banyak pilihan metode pembayaran yaitu ATM, M-Banking dan Alfa Group.

2. Indodana

Seperti Kredit Pintar, Indodana juga menawarkan limit yang cukup tinggi dengan jangka waktu pembayaran hingga 12 bulan. Namun untuk pinjaman awal, Indodana menawarkan limit sekitar Rp 500.000 – Rp 1.000.000 yang bisa dicicil setelah 3 bulan. Untuk mendapatkan limit yang lebih tinggi, pastikan untuk melunasi pinjaman tepat waktu.

3. Ada Pundi

Aplikasi yang telah mendapat izin resmi dari OJK ini memiliki limit kredit yang berbeda dengan pilihan jangka waktu maksimal 180 hari atau 6 bulan. Suku bunga yang ditetapkan Ada Pundi adalah 0,8%. Agar pinjaman bisa cair, pastikan Anda memiliki credit rating yang bagus dan tidak terlilit utang di platform resmi pinjaman online lainnya.

Advertisements

4. KTA Kilat

Aplikasi yang dimiliki oleh PT. Pendanaan Teknologi Nusa menawarkan pinjaman dengan limit maksimal Rp 8.000.000 dan jangka waktu maksimal 6 bulan. KTA Kilat menetapkan suku bunga sendiri sesuai rekomendasi OJK yaitu sekitar 0,8% per hari dan sudah termasuk bunga pinjaman, biaya permohonan, serta biaya administrasi dan mitigasi risiko. Jadi Anda tidak perlu heran jika jumlah nominal yang dibayarkan ke rekening tidak sama dengan pinjaman yang disetorkan.

Baca juga:  Apa itu Obligasi: Tujuan dan Keuntungannya

5. Maucash

Sebagai platform yang dimiliki Grup Astra, Maucash juga menawarkan fungsi pascabayar untuk membeli pulsa, listrik atau kebutuhan lainnya di pasar. Dibandingkan dengan aplikasi pinjaman online resmi lainnya, limit yang ditawarkan Maucash cukup rendah yaitu mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 3.000.000 dengan jangka waktu hingga 6 bulan.

6. Julo

Seperti Maucash, Julo tidak hanya memiliki fitur pinjaman instan tetapi juga membayar setelah pembelian di marketplace. Perusahaan ini telah beroperasi sejak tahun 2016, memberikan limit pinjaman hingga Rp 15.000.000 dengan bunga yang cukup rendah yaitu 0,1%. Julo juga menawarkan pengembalian uang kepada pelanggan jika mereka membayar cicilan sebelum tanggal jatuh tempo.

7. Dana Rupiah

Platform KTA (Kredit Tanpa Agunan) ini memberikan kemudahan pinjaman. Untuk dapat memanfaatkan pinjaman dari Yayasan Rupiah, kita perlu mengunduh aplikasi pinjaman online resmi ini dari play store dan membuat akun baru. Setelah melengkapi data diri dan beberapa persyaratan lainnya, Dana Rupiah akan memberikan limit hingga Rp 25.000.000 dengan pilihan jangka waktu yang panjang dan beragam.

8. UKU

Menawarkan pinjaman dengan syarat mudah dan proses cepat menjadikan UKU salah satu platform yang paling banyak digunakan. Mengenai limit, UKU merupakan limit yang tumbuh cukup cepat selama nasabah memiliki credit score yang bagus. Aplikasi ini menawarkan pinjaman maksimal Rp 5.000.000 dengan jangka waktu maksimal 60 hari.

Advertisements

9. UangMe

Salah satu platform yang menawarkan bunga rendah, UangMe telah resmi disahkan oleh OJK. Untuk mendapatkan pinjaman dari aplikasi ini, persyaratannya adalah KTP, berusia minimal 21 tahun dan memiliki penghasilan tetap sebagai karyawan atau pemilik usaha. UangMe sendiri menawarkan limit hingga Rp5.000.000 dengan jangka waktu maksimal 90 hari atau 3 bulan.

Baca juga:  Apa itu QRIS: Pengertian, Manfaat, dan Kegunaannya

10. Danafix

Diberikan limit hingga Rp 10.000.000, Danafix paling direkomendasikan. Meski begitu, untuk pelanggan baru, limit yang tersedia hanya berkisar Rp 500.000 hingga Rp 1,5 juta. Soal pencairan, Danafix sangat simpel dan cepat, asalkan memiliki credit rating yang bagus, aplikasi tidak segan-segan menaikkan limit ketika tanggungan sebelumnya sudah lunas.

Itulah review tentang 10 aplikasi pinjaman online resmi OJK. Padahal, setiap pinjaman memiliki risiko, baik dari segi tagihan maupun biaya keterlambatan. Untuk menghindarinya, gunakan platform pinjaman dengan bijak.

Pastikan juga bahwa pinjaman yang dikontrak benar-benar dapat dilunasi sesuai dengan jangka waktu yang berlaku. Jangan sampai pinjaman kita terbelit masalah keuangan yang lebih rumit. Semoga ini bermanfaat.

0 Shares

Tinggalkan Balasan