Advertisements

Apa Itu Blog? Definisi Blog, Blogging, dan Blogger

apa itu blogger dan blogging
Advertisements

Blog adalah website atau jurnal online yang memuat beragam informasi, seperti postingan/artikel, gambar, ataupun video, yang selalu diperbarui setiap saat.

Pada dasarnya, penafsiran blog merupakan “website log”, yang berarti web buat menaruh “ log” ataupun catatan, yang dikelola oleh satu ataupun sebagian blogger.

Apa itu blogger? Blogger merupakan orang yang membuat ataupun mempunyai serta mengelola blog, memberikan pemikiran dan perspektif kepada audiens buat tujuan individu ataupun bisnis. Blogger pula ialah nama layanan blogging dari Google, dengan alamat Blogger.com ataupun yang kerap kita jumpai selaku Blogspot.

Nah, dalam postingan ini, kami mangulas bermacam data seputar blog, semacam apa itu blog, apa itu blogging, sejarah blog, serta bermacam tipe blog

Apa Itu Blogging?

Blogging merupakan kegiatan mengelola blog, semacam menulis, memperbarui, ataupun meningkatkan elemen yang lain( misalnya video) pada konten blog. Kegiatan ini dicoba oleh blogger dengan menggunakan tool digital yang terdapat di Internet.

Kegiatan blogging mulai terkenal pada awal tahun 2000-an kala beberapa blog berbau politik bermunculan. Sebagian dikala setelahnya, tema how-to serta bimbingan mulai timbul. Semenjak dikala itu, kegiatan ini juga jadi sangat terkenal. Tetapi, yang jadi persoalan, kenapa aktivitas mengelola web dapat jadi seterkenal ini?

Nah, sehabis mangulas apa itu blog serta apa itu blogging, kami hendak menarangkan sejarahnya.

Sejarah Web serta Blogging

Blog awal kali digagas oleh Blogger.com pada bulan Agustus tahun 1999, yang setelah itu diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Sejarah blog diawali dari sebutan‘ Weblog’, yang diciptakan oleh Jorn Barger pada bertepatan pada 17 Desember 1997.

Awal mulanya, blogging banyak dicoba buat segmen kabar serta data. Tujuannya mirip semacam koran yang telah lebih dahulu terdapat, tetapi blogging tumbuh lebih kilat secara komparatif. Pembaharuan data yang selalu serta kemudahan memilah topik yang cocok dengan atensi serta hobi jadi 2 dari sekian alasan kenapa orang-orang mulai melakukan blogging.

Tahun selanjutnya, ialah pada tahun 2003, WordPress juga diluncurkan, menawarkan seluruh kemudahan untuk orang-orang yang tertarik buat mulai blogging serta jadi blogger. Web blogging setelah itu jadi populer serta menarik atensi warganet.

Sebagian blogger harian online, semacam ProBlogger. net serta JohnChow. com, menjadikan blognya selaku‘ mesin pencetak duit’ dengan bekerja sama dengan pihak ketiga (dalam perihal beriklan). Keduanya apalagi jadi contoh gimana Kamu dapat berupaya cara memperoleh duit dari internet dengan blogging.

Baca juga:  2+ Cara Redirect HTTP ke HTTPS Wordpress

5 Tipe Blog yang Terdapat pada Zaman Sekarang

Sehabis mengenali apa itu blog, apa itu blogger, serta sejarah blog, berikutnya kami hendak mangulas jenis- jenis blog.

Advertisements

Berikut 5 tipe blog yang lumayan terkenal dikala ini:

1. Blog Pribadi

Blog semacam ini lebih difokuskan pada si blogger sendiri, bukan audiens. Blogger individu umumnya menjadikan blognya selaku jurnal ataupun dokumenter tentang hidupnya, minatnya, ataupun hobinya.

Sebab tujuannya merupakan buat menuangkan cerita individu si blogger, jenis blog semacam ini biasanya tidak cuma mangulas satu topik. Si blogger dapat saja mangulas bermacam subjek cocok minatnya.

2. Blog Niche/Khusus

Jenis ini betul- betul mangulas topik tertentu, umumnya berkaitan dengan atensi, skill, serta pengetahuan si blogger. Misalnya, apabila Kamu suka sekali membaca novel, Kamu dapat mangulas seluruh perihal tentang novel saja.

Nah, berikut niche blog yang lumayan terkenal di komunitas blogging:

  • Traveling. Blogger yang fokus pada niche ini kerap kali berbagi cerita tentang perjalanannya. Mereka menuangkan hobi jalan- jalannya pada blog serta membagikan banyak panduan serta panduan ekspedisi.
  • Mode/Fashion. Niche ini mangulas tren mode terbaru, semacam pakaian, styling, serta panduan dikala membeli beberapa barang seputar mode.
  • Kesehatan serta kebugaran. Postingan yang sangat universal buat niche ini mencakup topik seputar latihan, formula bergizi besar, serta panduan melindungi kesehatan mental.
  • Santapan. Dalam niche ini, si blogger umumnya berbagi formula, pembahasan restoran, serta pembahasan alat- alat dapur.
  • Keuangan individu. Niche ini berfokus pada manajemen keuangan, mulai dari panduan budgeting sampai inspirasi usaha sampingan.
  • Lifestyle/style hidup. Niche ini mencampurkan bermacam topik yang jadi atensi si blogger, misalnya mode dengan kecantikan, ataupun santapan dengan traveling.
Baca juga:  Apa itu Hosting? Cara Kerja dan Jenisnya

3. Blog Industri ataupun Bisnis

Umumnya ialah bagian dari web industri. Sebagian industri menggunakan web miliknya buat ikut terjun dalam dunia blogging.

Tujuan utamanya merupakan buat menarik pasar sasaran dengan memposting konten seputar bisnis. Sebagian industri pula memakainya buat membagikan data kepada pembaca tentang pergantian di organisasinya.

4. Blog Afiliasi

Buat tipe ini, fokusnya merupakan affiliate marketing, ialah metode pemasaran dengan mempromosikan produk serta layanan pihak ketiga lewat platform online.

Si blogger umumnya sediakan link di postingannya yang memusatkan pembaca ke toko online sesuatu bisnis. Dikala terdapat yang mengeklik link tersebut serta membeli produk, sang blogger hendak memperoleh duit dari blognya.

Postingan yang biasanya hendak Kamu jumpai pada jenis ini mencakup pembahasan produk, panduan serta trik membeli produk, ataupun catatan produk terbaik.

5. Reverse Blog

Pada reverse blog, konten ditulis oleh beberapa penulis tamu ataupun guest-post serta bukan blogger yang memilikinya.

Pemiliknya bisa jadi saja menulis postingan sendiri, tetapi tugas utamanya umumnya cuma mengganti serta mengedit tulisan para penulis tamu.

Jenis ini lumayan terkenal di antara penulis freelance sebab dapat menolong memperluas koneksi serta eksposur mereka. Sebagian blogger pula membayar para penulis freelance buat postingan yang mereka tulis.

Advertisements

Struktur Blog

Struktur blog terdiri atas sebagian bagian, bergantung pada tujuannya. Tetapi, secara universal, struktur web terdiri dari:

  • Header. Bagian ini merupakan tempat kolom navigasi terletak, yang umumnya terdapat di bagian atas.
  • Bagian konten. Di sinilah tempat artikel terkini ataupun sorotan( highlight) terletak.
  • Sidebar. Pada zona ini, ada sebagian data bonus semacam profil media sosial author serta artikel terpopuler.
  • Footer. Terletak di bagian dasar, yang muat data semacam kebijakan pribadi, disclaimer, serta data kontak.
Baca juga:  Cara Migrasi Blog WordPress ke Host Manapun Tanpa Takut Error

0 Shares

This Post Has One Comment

  1. Amelia

    Dengan membaca artikel ini saya jadi paham apa itu blogger

Tinggalkan Balasan