Advertisements

Apa itu Kecelakaan Kerja dan Cara Menghindarinya

apa itu keselamatan dan kesehatan kerja
Advertisements

Tak bisa dipungkiri bahwa di mana saja kita bisa terkena kecelakaan atau musibah, termasuk di mana kita bekerja. Apalagi untuk orang-orang yang bekerja secara langsung yaitu di lapangan di mana risiko terjadinya kecelakaan di tempat kerja cenderung lebih tinggi. Penyebabnya kecelakaan kerja pun sangat beragam, mulai dari human error hingga faktor lain di luar kesalahan manusia.

Kecelakaan kerja adalah hal yang harus diperhatikan karena hal tersebut tak hanya mengakibatkan cedera, melainkan juga kematian. Namun, apa kecelakaan kerja itu sendiri? Yuk, kita bahas sama-sama.

Apa Itu Kecelakaan Kerja?

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa kecelakaan atau musibah bisa terjadi kapan saja dan dimana saja, termasuk di tempat kerja. Bahkan, tak hanya orang-orang yang bekerja di lapangan saja yang bisa mengalami kecelakaan kerja, pekerja kantoran pun bisa mengalami kecelakaan kerja, meski risikonya tidak setinggi pekerja lapangan. Namun, apa yang dimaksud dengan kecelakaan kerja.

Definisi kecelakaan kerja pun beragam. Akan tetapi, secara garis besar, kecelakaan kerja merupakan insiden atau kejadian di tempat kerja yang mengakibatkan orang cedera fisik. Di lain hal, tak hanya kecelakaan di tempat kerja saja yang masuk ke dalam kategori kecelakaan kerja, namun juga perjalanan dalam menuju tempat kerja.

Aspek Pemicu Kecelakaan Kerja

Pasti, terjadinya kecelakaan kerja terdapat penyebabnya. Terdapat 2 aspek yang menimbulkan kecelekaan kerja, ialah aspek teknis serta pula aspek non- teknis. Apa saja yang masuk ke dalam faktor- faktor tersebut?

Advertisements

Aspek Teknis

Aspek yang dapat dilihat ataupun jadi pemicu musibah kerja merupakan aspek teknis. Aspek teknis ini berkaitan dengan hal- hal yang berkaitan dengan industri. Hal- hal tersebut yaitu sebagai berikut:

  • Tempat kerja: tempat kerja yang tidak mengindahkan aspek- aspek keamanan pekerja hendak membahayakan pekerjanya. Ketidaklayakan dari tempat kerja tersebut dapat dilihat dari gimana penerangan yang dipunyai sesuatu tempat kerja, kelistrikan tempat kerja, apalagi kebersihan.
  • Keadaan perlengkapan: tidak hanya tempat kerja, perihal yang bisa membahayakan pekerja merupakan keadaan perlengkapan yang dipunyai oleh sesuatu industri. Terlebih industri tersebut berkaitan dengan bidang konstruksi. Apabila perlengkapan yang digunakan tidak layak, perihal ini pasti bakal tingkatkan ancaman musibah di tempat kerja.
  • Transportasi: di sebagian industri, transportasi merupakan perihal yang sangat berarti agar usaha- usaha dalam industri tersebut senantiasa berjalan. Tetapi, tidak cuma keadaan transportasi yang kurang baik saja yang bisa tingkatkan resiko musibah kerja, tetapi pula sebagian perihal di antara lain merupakan beban kelewatan, pemakaian perlengkapan yang tidak pas, serta yang yang lain pula dapat mencelakakan pekerja.
Baca juga:  Kapan Berjemur Baik untuk Kesehatan Anda? berikut adalah Manfaatnya!

Aspek Non- Teknis

Tidak hanya aspek teknis terdapat aspek lain, ialah aspek non- teknis yang dapat tingkatkan musibah di tempat kerja. Aspek non- teknis ini berkaitan dengan manusia yang bekerja di sesuatu tempat kerja. Apa sajakah aspek non- teknis yang dapat berisiko menyebabkan musibah kerja?

  • Keahlian serta keahlian yang kurang: aspek non- teknis awal merupakan dari segi minimnya keahlian ataupun keahlian dari pekerja. Minimnya keahlian dalam mengoperasikan sesuatu perlengkapan hendak tingkatkan resiko musibah kerja.
  • Bekerja tanpa perlengkapan keselamatan: terus menjadi beresiko sesuatu pekerjaan, pasti resiko terjalin musibah hendak terus menjadi besar. Dengan demikian, memakai fitur keselamatan sangatlah berarti. Abainya memakai perlengkapan pelindung merupakan aspek sangat besar yang menyebabkan seseorang pekerja hadapi musibah.

Tips Menghindari Kecelekaan Kerja

Cuma sebab bekerja di tempat yang besar resiko, bukan berarti musibah kerja tidak dapat diminimalisir. Terdapat sebagian metode yang dapat kalian jalani supaya kurangi resiko terbentuknya insiden, di antara lain:

Lengkapi diri dengan Perlengkapan Pelindung Diri( APD)

Langkah awal supaya kalian bebas dari insiden yang membuat kamu luka merupakan dengan memenuhi diri dengan APD ataupun Perlengkapan Pelindung Diri. Misal, pekerja konstruksi wajib memenuhi diri mereka dengan memakai helm pelindung serta sepatu karet pelindung supaya meminimalisir hal- hal yang tidak di idamkan.

Advertisements

Patuhi SOP kerja

Di dunia handal terdapat perihal yang harus dipunyai, ialah SOP kerja. SOP sendiri ialah singkatan dari Standard Operating Procedure. Di dalam dokumen SOP ini ada poin- poin yang hendak membuat pekerjaan jadi lebih nyaman serta pula aman. Hingga dari itu, supaya bebas dari mungkin luka raga akibat human error, patuhi SOP yang terbuat oleh sesuatu industri.

Baca juga:  11 Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Tubuh

Bertanya apabila terdapat yang tidak dimengerti

Semacam yang disebutkan lebih dahulu kalau ketidak ketahuan merupakan aspek dari meningkatnya resiko terbentuknya insiden di tempat kerja. Dengan demikian, apabila perihal yang tidak dikenal hendaknya kalian bertanya dengan atasan ataupun rekan kerja yang telah lama bekerja di tempat kerjamu.

Memakai Tugu Workmen’ s Compensation

Advertisements

Meminimalisir resiko dengan melaksanakan 3 poin di atas sangatlah butuh. Hendak namun, musibah ialah perihal yang di luar kontrol kita. Buat mengoptimalkan proteksi, kalian dapat memakai layanan proteksi dari Tugu lewat produknya, ialah Tugu Workmen’ s Compensation. Produk Tugu satu ini hendak membagikan proteksi serta jaminan buat Kamu yang bekerja di tempat yang mempunyai resiko besar.

Setelah membaca artikel di atas, semoga dapat membantu Anda untuk lebih berhati-hati agar terhindar dari kecelekaan kerja.

0 Shares

Tinggalkan Balasan