Advertisements

6 Efek Terlalu Banyak Minum Kopi, Amankah Diminum Setiap Hari?

efek minum kopi setiap hari
Advertisements

Umumnya, kopi dikonsumsi untuk tujuan menghilangkan rasa kantuk dan memulihkan konsentrasi.
Namun, minum kopi terlalu banyak juga tidak baik.
Jumlah yang wajar untuk orang dewasa adalah empat cangkir kopi sehari.
Kalau tidak, itu berbahaya. Waspadai efek terlalu banyak minum kopi.

Apa efek dari terlalu banyak minum kopi?

Banyak orang mengatakan bahwa minum kopi terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan.

Insomnia

Kafein membuat tubuh tetap waspada, mengurangi kantuk, dan membantu Anda tetap fokus.
Maka tidak heran jika salah satu efek negatif dari minum kopi adalah insomnia.

Gangguan tidur seperti itu pasti akan mempengaruhi aktivitas Anda.
Oleh karena itu, pastikan untuk minum kopi dalam jumlah yang normal, agar tidak membahayakan tubuh. Umumnya, orang hanya minum 4 cangkir kopi sehari dan tidak lebih.

Menimbulkan Ketakutan

Kemungkinan efek selanjutnya dari minum kopi adalah gangguan kecemasan.
Hal ini disebabkan oleh kandungan kafein dalam kopi.
Kafein diketahui dapat meningkatkan kewaspadaan. Diantaranya adalah zat atau komponen yang berhubungan dengan peningkatan energi.

Advertisements

Kopi yang dikonsumsi dalam batas normal memiliki efek positif bagi tubuh.
Namun, mengonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan efek yang tidak menguntungkan berupa kecemasan dan kegugupan.
Berdasarkan fakta yang beredar, banyak gangguan kecemasan yang disebabkan oleh induksi kafein kopi.

Hipertensi

Efek lain dari minum kopi terlalu banyak adalah risiko terkena tekanan darah tinggi. Faktanya, kafein tidak menyebabkan stroke atau penyakit jantung pada kebanyakan orang.

Namun, kafein telah terbukti meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi.
Peningkatan tekanan darah meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung.

Gangguan Pencernaan

Efek negatif berikutnya dari minum kopi terlalu banyak adalah risiko gangguan pencernaan. Apakah Anda sering buang air besar setelah minum kopi?
Jika demikian, mungkin karena efek pencahar kopi.

Baca juga:  Gak Wajib Nasi, Ubah Menu Makan Pagi Jadi Lebih Kaya Nutrisi

Efek samping ini membuat usus lebih aktif dan buang air besar lebih cepat.
Selain itu, konsumsi kopi yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti sakit maag, diare, dan GERD berulang.

Advertisements

Mempercepat detak jantung

Salah satu efek negatif dari minum kopi adalah seringnya peningkatan detak jantung.
Terlalu banyak kopi dapat membuat jantung Anda berdetak lebih cepat.
Oleh karena itu, kopi harus dikonsumsi dalam batas yang wajar.

Pemicu keropos tulang

Studi menunjukkan bahwa minum kopi yang cukup dapat membantu Anda tetap sehat dan menyeimbangkan kekuatan dan kondisi tulang Anda. Di sisi lain, terlalu banyak kafein dapat mempengaruhi penyerapan kalsium dan metabolisme.
Selain berbagai risiko yang disebutkan di atas, konsumsi kopi juga dapat meningkatkan risiko diabetes.
Apalagi jika Anda memasukkan terlalu banyak gula ke dalam kopi Anda.

Berapa kali sehari Anda bisa minum kopi?

Kopi sebenarnya aman dikonsumsi asalkan tidak terlalu banyak.
Secara umum, batas aman konsumsi kopi untuk orang dewasa adalah 4 cangkir per hari, atau 400 mg kafein per hari.

Wanita hamil atau menyusui sebenarnya bisa minum kopi.
Tapi di ujung bawah, itu hingga 200mg kafein, atau setara dengan dua cangkir kopi. Yang mengatakan, Anda tidak boleh minum kopi setiap hari.
Apalagi jika Anda memiliki kondisi medis atau masalah kesehatan tertentu seperti epilepsi atau mulas.

Selain itu, jika Anda menderita penyakit atau masalah kesehatan tertentu, Anda disarankan untuk menghindari konsumsi kopi.
Tapi bagaimana jika pekerjaan Anda sering memaksa Anda untuk begadang? Dan suka atau tidak, apakah Anda perlu minum kopi? Dalam kasus seperti itu, Anda harus mendiskusikan masalah ini dengan dokter Anda.

Advertisements
Baca juga:  Pentingnya Menjaga Mulut Tetap Bersih dan Sehat

Bisakah meminum kopi setiap hari?

Kafein dalam kopi diketahui dapat meningkatkan fokus otak, suasana hati, dan fokus pada pekerjaan.
Dikenal karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya, kopi baik untuk Anda.

Menurut U.S. Food and Drug Administration, orang dewasa yang sehat tidak boleh mengonsumsi lebih dari 400 miligram kafein per hari. Penting untuk diketahui bahwa kafein tidak hanya ditemukan dalam kopi.
Kafein juga bisa didapat dari banyak sumber, seperti minuman berenergi, soda, dan bentuk lainnya.
Overdosis kafein dapat menyebabkan peningkatan ketegangan dan kecemasan, perubahan kontraksi otot jantung, atau dalam kasus yang parah, serangan jantung.

Minum kopi di sore atau malam hari dapat menyebabkan kecemasan menjelang tidur.
Karena kafein yang merangsang tetap berada di aliran darah selama sekitar 5 jam. Pakar kesehatan merekomendasikan untuk minum kopi terakhir Anda sekitar 6 hingga 10 jam sebelum tidur.
Namun, orang yang tidak sensitif terhadap kadar kafein dapat menikmati kopi sebelum tidur tanpa mengganggu siklus tidurnya.

Bolehkah minum kopi sehari tiga kali?

Kebanyakan orang membatasi konsumsi kopi mereka hingga empat cangkir sehari.
Namun, ini adalah batas rata-rata dan mungkin tidak berlaku untuk semua orang. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang aturan minum kopi.

Beberapa orang menemukan bahwa minum kopi hitam dalam jumlah berlebihan membuat mereka merasa lebih baik sepanjang hari.
Bagi yang lain, bahkan setengah cangkir kopi bisa membuat gelisah dan menyebabkan sakit perut.

Advertisements

Cara meminum kopi yang sehat

Minum satu hingga dua cangkir kopi setiap hari diperkirakan meningkatkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi pada orang yang tidak dapat mentolerir kafein. Oleh karena itu, minumlah kopi dengan batas tertentu sesuai dengan kesesuaian dan kebutuhan tubuh Anda. Bicaralah dengan dokter Anda untuk mengetahui dosis Anda.

Baca juga:  Kapan Berjemur Baik untuk Kesehatan Anda? berikut adalah Manfaatnya!

Selain membatasi kafein, gula juga menjadi poin penting yang harus diwaspadai pecinta kopi.
Kopi bukan lagi pilihan yang sehat ketika secangkir minuman panas mengandung gula di dalamnya.
Pemanis yang ditambahkan pada kopi dapat meningkatkan jumlah kalori yang berkontribusi terhadap pertumbuhan sel lemak.

Kalori ekstra ini melebihi apa yang sebenarnya dibutuhkan tubuh Anda untuk berfungsi dengan baik.
Tidak hanya kopi dengan tambahan gula yang tinggi kalori, tetapi juga gula tebu dan sirup jagung, yang cukup tinggi fruktosa.

Kesimpulan

Banyak orang masih belum sepenuhnya memahami bahaya minum kopi terlalu banyak.
Oleh karena itu, berbagai efek samping minum kopi dapat dihindari.
Disarankan untuk minum kopi dalam batas yang wajar.
Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang topik ini? Silakan dan tulis di komentar!

0 Shares

Tinggalkan Balasan