Advertisements

Harus Tahu Berikut Adalah Manfaat Rambutan Bagi Kesehatan

manfaat buah rambutan bagi kesehatan
Advertisements

Rambutan adalah buah yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Selain bentuknya yang unik, kandungan nutrisi pada rambutan membuat buah ini digemari banyak orang. Rambutan merupakan buah tropis yang banyak tumbuh di negara-negara Asia seperti Indonesia, Thailand, Malaysia atau Sri Lanka. Buah rambutan ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Bentuk buah ini mirip dengan leci. Hanya saja kulit luarnya memiliki duri yang menyerupai rambut, sehingga disebut rambutan lengkeng. Di Indonesia, ada berbagai jenis rambutan. Diantaranya adalah rambutan ace, binjai dan rapiah.

Ada juga rasa manis dan asam tergantung kematangan dan jenisnya. Selain itu, buah rambutan juga memiliki manfaat kesehatan yang tak terhitung jumlahnya untuk tubuh.

5+ Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan

1. Meningkatkan Stamina

Buah ini mengandung vitamin A, C dan antioksidan yang sangat membantu dalam menjaga stamina. Kandungan tersebut dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat pada buah rambutan sangat membantu dalam melancarkan sistem pencernaan dan menghilangkan limbah dalam tubuh. Oleh karena itu, rambutan bermanfaat untuk mengatasi diare atau sembelit.

Advertisements

3. Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan Jantung dan Tulang

Kandungan potasium pada rambutan sangat membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaganya agar tetap stabil. Sehingga membantu menjaga kesehatan jantung. Selain potasium, rambutan juga mengandung kalsium yang berguna untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

4. Manfaat Buah Rambutan Bagi Ibu Hamil

Buah ini juga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil dan janin. Kandungan zat besi pada rambutan antara lain dapat mencegah anemia. Pasalnya, anemia pada ibu hamil bisa memicu sejumlah masalah seperti risiko kelahiran prematur, berat badan lahir rendah hingga bayi lahir mati.

Baca juga:  Apa itu Kecelakaan Kerja dan Cara Menghindarinya

5. Mencegah Kanker

Buah ini memiliki banyak manfaat untuk orang yang menderita kanker. Kandungan antioksidan pada rambutan antara lain dapat mencegah terbentuknya sel kanker. Pasalnya sebagai penangkal radikal bebas.

0 Shares

Tinggalkan Balasan