Advertisements

Apa itu QRIS: Pengertian, Manfaat, dan Kegunaannya

qris itu apa aja
Advertisements

QRIS merupakan inovasi pembayaran terbaru yang mempermudah transaksi antara konsumen dan merchant.
Karena kemudahannya, QRIS semakin banyak digunakan. QRIS dapat digunakan untuk segala hal: toko, warung, tempat parkir, donasi.
Tidak perlu membawa uang receh atau membawa dompet. Anda hanya membutuhkan smartphone untuk melakukan transaksi apapun. Menyenangkan dan mudah bukan?
Jadi apa sebenarnya QRIS itu? Dalam artikel ini, kita akan melihat lebih dekat inovasi yang dibawa oleh BI.

Sekilas tentang QRIS

Quick Response Code Indonesia Standard atau QRIS dikutip dari situs resmi Bank Indonesia (BI) merupakan integrasi berbagai jenis QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) dengan menggunakan satu QR Code.
Fungsi QRIS adalah untuk mempermudah proses transaksi melalui kode QR sehingga lebih cepat, mudah dan tentunya lebih aman. Semua PJSP yang ada harus menggunakan QRIS, baik domestik maupun internasional. Hal ini tertuang dalam Peraturan PADG No. 21/18/2019 tentang penerapan QRIS International Standard for Payments.
Jadi hanya ada satu kode QR yang terintegrasi dengan berbagai aplikasi pembayaran. Jadi cukup pindai kode QR yang ada dan mulai trading secara instan. Sangat praktis dan aman. QRIS adalah metode pembayaran dengan keunggulan yang dimiliki sebagai berikut.

Universal

QRIS adalah metode pembayaran yang memungkinkan pembayaran diterima oleh aplikasi pembayaran apa pun yang menggunakan kode QR, sehingga pengguna tidak perlu menggunakan aplikasi pembayaran yang berbeda.

Mudah

Komunitas: Sederhana. Cukup pindai dan klik untuk membayar.
Merchant: Sederhana, tidak perlu menunjukkan banyak kode QR. Hanya QRIS yang dapat dipindai oleh aplikasi pembayaran QR.

Keuntungan

Pengguna: Anda dapat membayar menggunakan akun pembayaran QR apa pun. Merchant: Setidaknya satu akun cukup untuk menerima semua pembayaran kode QR.
secara langsung

Advertisements
Baca juga:  Apa itu Obligasi: Tujuan dan Keuntungannya

Pembayaran dengan QRIS langsung diproses. Pengguna dan pedagang menerima pemberitahuan transaksi instan.

Pembatasan transaksi oleh QRIS

Meski mudah dan cepat, transaksi melalui QRIS memiliki batas nominal maksimal pengiriman uang Rp 10 juta. Batas pengiriman kumulatif harian dan bulanan tunduk pada manajemen risiko penerbit.

Manfaat menggunakan QRIS

QRIS merupakan sistem pembayaran digital yang menawarkan banyak keuntungan baik bagi mitra atau penjual maupun konsumen. Berikut adalah berbagai manfaat yang tersedia dengan QRIS.

Untuk Penjual

  1. Sederhanakan transaksi Anda dan bayar dari bank atau dompet elektronik mana pun
  2. menghindari penipuan
  3. Tidak perlu memberi perubahan
  4. Transaksi masuk yang nyaman secara otomatis dicatat
  5. Jangan mencampurkan uang bisnis dan pribadi
  6. Mendaftar ke QRIS itu mudah. Tidak perlu mendaftarkan e-wallet atau bank secara terpisah. cukup satu

Untuk Konsumen

  1. Pembayaran lebih nyaman hanya dengan memindai
  2. Tidak perlu repot membawa dompet atau menyerahkan uang tunai
  3. transaksi lebih aman
  4. Semua bukti transaksi dicatat secara otomatis

Biaya Transaksi QRIS

Seperti metode pembayaran lainnya, QRIS memiliki biaya transaksi yang disebut Merchant Discount Rate (MDR). MDR QRIS adalah 0,7% dari total pembayaran yang diterima dan biaya ditanggung oleh merchant atau mitra.
Meski cukup mahal, biaya transaksi ini sebanding dengan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) sebesar 1%.

Pembayaran melalui QRIS

Berdasarkan BI, metode pembayaran melalui QRIS adalah:

Advertisements

Merchant Present Mode (MPM) Statis

Metode pembayaran QRIS yang pertama adalah dengan menunjukkan kepada merchant hasil cetak QRIS. Transaksi selanjutnya dapat dilakukan hanya dengan memindai dan memasukkan jumlah yang harus dibayar. Kemudian masukkan PIN Anda dan klik hingga Anda melihat notifikasi pembayaran untuk menyelesaikan transaksi pembayaran.
Metode pembayaran statis MPM QRIS ini sangat cocok untuk usaha mikro dan kecil. Ini sangat aman dan Anda tidak perlu memberikan uang kembalian.

Baca juga:  10 Pinjaman Online Resmi Terdaftar dan Diawasi OJK

Mode Presentasi Pedagang Dinamis (MPM)

Metode pembayaran kedua QRIS adalah Dynamic MPM. Artinya, QR dikeluarkan melalui perangkat seperti mesin EDC dan smartphone. Caranya adalah dengan membiarkan merchant atau partner memasukkan jumlah pembayaran terlebih dahulu baru kemudian memungkinkan pelanggan untuk memindai QRIS.
Metode pembayaran MPM-QRIS dinamis ini sangat cocok untuk perusahaan menengah dan besar atau pedagang dengan volume perdagangan tinggi.

Mode presentasi pelanggan (BPS)

Metode pembayaran ketiga QRIS adalah CPM. Metode ini masih dalam tahap percobaan. Ketika metode ini tersedia nanti, pelanggan hanya perlu menunjukkan QRIS yang ditampilkan oleh aplikasi pembayaran untuk dipindai oleh merchant. Metode pembayaran QRIS CPM ditujukan untuk merchant atau mitra yang membutuhkan kecepatan transaksi tinggi. Misalnya, jasa transportasi, toko ritel modern, tempat parkir, dll.

0 Shares

Tinggalkan Balasan